Service Level Agreement (SLA) adalah suatu komitmen yang disepakati antara penjual dan pembeli. Dalam kasus bisnis jasa kurir dan logistik, SLA merupakan kesepakatan antara pengguna jasa dan penyedia jasa. SLA yang solid dapat membantu menetapkan standar jika ada yang salah pada proses keberlangsungan bisnis. Selain itu, denganmeningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistik, Anda juga dapat menjembatani kesenjangan antara harapan klien Anda dan keinginan Anda sendiri. Hal ini penting untuk ditelaah karena dalam bisnis apapun kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Di lapangan, ternyata hanyabeberapa penyedia bisnisyang fokus pada SLA untuk meningkatkan kredibilitas bisnis mereka. Padahal, peningkatan dalam SLA sangat diperlukan untuk mencapai prospek bisnis yang lebih baik.

Maka dari itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistikpada tiap-tiap bisnis yang Anda lakukan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat Anda tempuh dalam meningkatkan SLA dalam bisnis Anda.

  1. Tetapkan tujuan yang wajar saat meningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistik

Seperti layaknya saat Anda merancang sebuah bisnis, tujuan adalah hal paling fundamental yang mendasari adanya kesepatakan antara penjual dan pembeli. Untuk dapat meningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistik, Anda harus menentukan tujuan yang wajar. Jangan muluk-muluk. Jangan memberikan janji-janji yang belum tentu dapat Anda usahakan pada klien karena lebih susah mempertahankan janji baru daripada mewujudkan janji yang sudah sesuai dengan SOP bisnis Anda. Meskipun menjanjikan hal demikian (waktu yang lebih cepat misalnya) dapat menarik minat klien, tapi jika tidak dapat mewujudkannya, Anda justru bisa kehilahan klien tanpa terduga.

  1. Meningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistikdengan sikap jujur

Menetapkan sasaran yang dapat dicapai oleh bisnis Anda harus dimulai dengan bersikap jujurpada klien danpada diriAnda sendiri. Jangan mengakatan hal-hal yang di luar kemampuan perusahaan Anda yangsebenarnya. SLA tidakboleh terwujud dan mencapai mufakatdengan tipu muslihat pemasaran. Jika demikian, Anda harus kontras dan transparan saat melalukan pemasaran. Kontrak SLA yang dapat diandalkanakanmelindungi kepentingan semua pihak yang terlibat.

  1. Melakukan klarifikasi pada poin tertentu SLA patut untuk dilakukan

Untuk menghindariadanyaambiguitas,ketepatan dan kejelasan perlu Anda tunjukkan saat mealakukan SLA dengan klien Anda. Hal ini akan membantu dalammenentukan apa yang diharapkan dari hubunganatau relasi Anda dengan klien, jenis layanan Anda, dan aspek-aspek tertentu dari layanan Anda(seperti waktudanrespons). Lakukan jaminan pada respons, jangan waktu. Deadlineharus ditentukan dengan wajar dan jangan mencoba merayu klien dengan tenggat waktu yang tidak dapat Anda penuhi. Dalam membuat SLA, Anda harus senantiasa realistis.

 

Dengan mengikutidan memraktekkan tiga kiatuntuk meningkatkan SLA dalam bisnis kurir/logistikyangtelahtercantum di atas, Anda akan berhasil mencapai kesuksesan jangka panjang dengan klien Anda.Selamat mencoba!