Mungkin sebagian besar dari Anda sudah pernah mendengar tentang Field Service Management. Sederhananya, Field Service Managementdapat diartikan sebagai sistem terintegrasi yang dirancang untuk melacak berbagai komponen operasi lapangan dalam suatu pekerjaan lapangan, misalnya kontraktor. Komponen operasi yang dimaksud biasanya termasuk manajemen persediaan, pelacakan kendaraan, penjadwalan kerja, pembagian shiftdan job description, portal pelanggan, dan masih banyak lagi. Jika ditinjau dari sektor software-as-a-service(SaaS), manajemen komponen melalui sistem manajemen lapangan dapat dikendalikan dan dikontrol melalui portal berbasis cloud yang dapat diakses dari perangkat seluler di saat teknisi lapangan sedang bekerja.

Melihat perkembangan zaman seperti sekarang di mana teknologi serbacanggih, maka pembaharuan dalam sistem manajemen lapangan juga terjadi secara signifikan. Berikut adalah manfaat dari adanya Field Service Managementyang perlu Anda ketahui.

Pembagian Jadwal dalam Field Service Managementyang lebih cepat

Efisiensi waktu dalam proses pengerjaan proyek di lapangan memang selalu menjadi hal yang terus diupayakan. Penjadwalan pekerjaan yang efisien adalah salah satu manfaat paling signifikan dari manajemen layanan lapangan. Pada suatu titik, adanya peralihan manajemen lapangan dari “paper based”ke “digital based”juga merupakan cara yang strategis untuk meingkatkan upaya pengendalian waktu. Field Service Managementdapat memerikan informasi pekerjaan, identitas teknisi, alamat dan rincian kontak dari klien, serta akses ke permintaan pekerjaan sehingga Andadapat mempersiapkan diriuntuk menghadapimasalah apa pun yang mungkin timbul.

Field Service Managementmeningkatkan kepuasan pelanggan

Menarik atau mencari pelanggan baru lebih susah daripada mempertahankanpelanggan tetap yang ada saat ini.Namun melalui Field Service Management, Anda sebagai penyedia jasa dapat dengan mudah ikut dalam jaringan dan mempromosikan diri pada audiens yang lebih luas.Ketika Anda sudah menjalankan operasi layanan lapangan yang sibuk, manajemen lapangan diperlukan untuk terus membangun relasi dengan pelanggan lama dan menjalin relasi dengan pelanggan baru. Dengan cara ini, kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan secara signifikan.

Transparansi proses dan investasi dapat terlihat secara langsung

Sistem manajemen layanan lapangan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang inventaris Andadan proyek apa saja yang tengah Anda lakukan. Hal inisekaligus meningkatkan visibilitas peralatan untuk tenaga kerja lapangan Andasehingga transparansi proses dan investasi dapat terlihat jelas. Field Service Managementmembantu Anda hanya memesan apa yang Anda butuhkan untuk menjaga aliran bisnis.

Jadi, apakah Anda sudah mengoptimalkan kinerja para pekerja lapangan perusahaan Anda dengan melakukan Field Service Management?

Topjasa adalah paket lengkap field service management termasuk penjadwalan, track dan monitoring, pelaporan dan in-app chat. Download sekarang juga dari Google Play Store link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.topjasa.pro&hl=in.